Bisnis Lapangan Futsal  

Ini adalah kutipan pos.

Iklan

Bisnis lapangan futsal dua tahun terakhir ini sangat  marak.  Beberapa pengusaha penyewaan lapangan olahraga yang sebelumnya tidak tertarik di dalam bisnis penyewaan lapangan futsal mulai beralih berbisnis penyewaan lapangan futsal. Banyak pengusaha penyewaan lapangan olahraga, seperti bulu tangkis, volley ball dan  basket, mulai merubah lapangannya menjadi lapangan futsal. Bahkan beberapa pengusaha pergudangan juga sudah banyak yang merubah gudangnya menjadi lapangan futsal.  Benarkah bisnis lapangan futsal menguntungka ?. Alasan mereka sederhana, penyewaan lapangan futsal tidak tergantung poin didalam pertandingan, tapi bergantung waktu penyewaan.  Satu game permainan bulu tangkis bisa memakan waktu 1 sampai  2 jam, dengan jumlah pemain maksimal 4 orang untuk ganda, dan 2 orang untuk single. Tarifnya juga murah, karena mereka umumnya menyewa bulanan.  Sementara lapangan futsal, bisa digunakan oleh sepuluh orang dengan durasi (lama bermain) 1 jam. Sewa 1 jam lapangan futsal berkisar antara Rp. 200.000 s/d Rp. 300.000.  Dalam sehari lapangan futsal bisa di gunakan sampai 10 jam.  Dengan kata lain, jika 10 jam perhari, maka income perhari mencapai Rp. 2.000.000 s/d Rp. 3.000.000. Bandingkan dengan penyewaan lapangan olahraga lainnya.

Itulah Gambaran Bisnis Lapangan Futsal, sebabnya banyak pengusaha dan pengelola penyewaan lapangan olahraga mulai melirik bisnis penyewaan lapangan futsal.  Alasannya sederhana, pemeliharaannya mudah, hanya memperkerjakan sedikit karyawan. Keuntungan perbulan mencapai Rp. 60 juta s/d Rp. 90 juta. Penghasilan dari lapangan futsal akan bertambah lagi, jika dilengkapi dengan kantin dan warnet.

Karena sangat menjanjikan beberapa pengusaha bahkan berani dengan system pinjam pakai lahan dalam kurun waktu tertentu. Dengan perhitungan jika pinjam pakai lahan selama 10 tahun dengan investasi Rp. 380 juta, setelah 10 tahun lapangan beserta bangunannya menjadi milik pemilik lahan. Ternyata keuntungan sangat mengiurkan, mencapai Rp. 7, 2 milyar (Rp. 60 juta  x 12 bulan  x 10 tahun = Rp. 7.2 milyar). Sungguh bisnis yang sangat menguntungkan. Nah kalau menguntungkan mengapa anda tidak mencobanya. Namun jika anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membangun gedung lapangan futsal,  jangan kuatir, anda bisa membuat lapangan futsal terbuka dengan modal yang sangat minim.

JARING FUTSAL

Jaring atau nett penutup lapangan futsal merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan lapangan futsal.

Fungsi dari jaring/jala/nett futsal sebagai berikut :

  1. Menahan bola agar bola tersebut ketika ditendang tetap bisa tertahan di area lapangan futsal.
  2. Sebagai pembatas antara area pemain dan penonton atau pemain cadangan.
  3. Sebagai pelindung pemain futsal dari benturan dengan dinding atau tiang penyangga lapangan futsal

Sebuah jaring yang bagus selain bisa berfungsi seperti hal diatas juga harus kuat (tidak mudah terputus), mempunyai fungsi estetika yang baik ( harus kelihatan rapih, tidak banyak bolong atau banyak sambungan), serta warna yang sesuai dengan rumput lapangan futsal.

Dewasa ini banyak toko yang menjual jaring tapi jaring yang dijual tidak sesuai standard yang dibutuhkan suatu lapangan futsal. Untuk instalasi pemasangan jaring dibutuhkan keahlian tersendiri, karena menyangkut keselamatan pemain futsal dan juga kerapihan. Jaring yang sesuai standard FIFA memiliki diameter 4 mm, terbuat dari bahan PolyEthylene, mempunyai lubang dalam kotak sekitar 4 cm.

Setiap pinggiran yang akan dipasang jaring harus dipasang tali baja sebagai pengikat agar jaring tetap tertahan. Tinggi pemasangan jaring adalah 5 meter dari lantai.

Proposal Bisnis FUTSAL

Di Indonesia olahraga Futsal saat ini sangat digemari oleh semua kalangan masyarakan dari mulai usia anak-anak, dewasa hingga orang tua. Hal ini disebabkan keterbatasan lapangan sepak bola di Indonesia yang semakin hari semakin berkurang, di sisi lain minat masyarakat akan olah raga bola semakin meningkat, Hal ini mengakibatkan terjadinya kesenjangan atara ketersediaan lapangan bola dengan permintaan dari para pengguna lapangan olahraga bola.

Lapangan Futsal hadir untuk menjembatani kesenjangan tersebut, bahkan di tahun-tahun terakhir ini olahraga futsal sangat booming di Indonesia dan tentunya memberikan konstribusi keuntungan yang menggiurkan bagi mereka yang berada di bisnis ini sebagai Pemilik Lapngan Futsal.

Saat ini banyak sekali masyarakat pemilik modal yang ingin sekali memanfaatkan peluang bisnis ini, namun sebagian besar dari mereka tidak mengerti seluk beluk bisnis Lapangan Futsal dan ingin mengetahui berapa besar investasi dan keuntungan berbisnis lapangan Futsal.

Melalui media ini, kami selaku bagian dari pelaku bisnis ini sebagai kontraktor dan Instalatur Lapangan Futsal ingin memberikan informasi kepada Anda berupa sekilas gambaran biaya dan keuntungan bisnis Lapangan Futsal, Sbb :
•    Tahapan pembuatan Lapangan Futsal meliputi :
1.    Pekerjaan sipil meliputi ( Fondasi, Lantai dan Dinding )
2.    Pekerjaan Konstruksi, meliputi ( Ranka Tiang Baja WF atau Pipa dan Atap )
3.    Pekerjaan Lapangan, meliputi ( Pemsangan jarring, rumput/Vinyl, Pasir, Rubber dan Tiang Gawang

  • Ukuran lapangan Futsal yang Standard adalah :
    1.    16 m x 26 m
    2.    15 m x 25 m
    3.    14 m x 24 m
    4.    Untuk ukuran Bangunan (konstruksi ) minimal 17 m x 28 m

 

Penulis: geraisintetis

kami melayani pekerjaan pembangunan untuk : 1. Indoor Futsal(interlock, rumput sintetis dan vynil coat) 2. Semi Indoor Futsal 3. Outdoor Futsal 4. Mini Golf, Garden dan Landscape 5. Playground 6. lantai flooring

One thought on “Bisnis Lapangan Futsal  ”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s